Rabu, 09 Februari 2011


十字金剛杵
【double dorje / vajra】
adalah salah satu alat kebaktian dalam tradisi tantrayana. pada awalnya berasal dari zaman india kuno. menurut cerita vajra ini berasal dari sisa tulang seorang dewa yang berubah menjadi vajra setelah kematiannya, kemudian oleh sakkha deva indra digunakan sebagai senjata perang. tradisi tantrayana menggunakannya sebagai simbol kebijaksanaan yang kuat dan tajam, dapat menghancurkan kilesa [kekotoran batin] , mara [setan penggoda] , maka dari itu vajra menjadi simbol kebijaksanaan yang dimiliki oleh Buddha, kebenaran sejati, dan sifat sunyata [ kekosongan] .
double vajra ini merupakan gabungan bentuk dari dua buah vajra yang saling bersilangan. dikeempat sisinya yang tajam mempunyai warna yang berbeda [tidak sesuai gambar] dengan lambang masing - masing =

putih = membebaskan dari mara, menghapuskan dari segala penyakit, derita dan gangguan lain dalam meditasi.
kuning = usia , rejeki , sumber kekayaan , nama baik dan kekuasaan serta berbagai macam kemajuan , pengetahuan, kemampuan, pelatihan diri serta kebijaksanaan yang seperti matahari terbit dari sebelah timur menyinari hari.
merah = berkumpulnya harta dan kekuatan dari alam dewa, setan dan manusia.
hijau = terhindar dari derita dialam bentuk [rupa dhatu] dan tidak berbentuk[ arupa dhatu] , menghancurkan segala mara dan rintangan dalam melatih diri.

vajra ini merupakan senjata terkeras yang mampu menghapuskan kilesa / kekotoran batin umat manusia. membersihkan samadi dan menghancurkan rintangan dalam melatih diri. menghalau musuh penagih hutang karma dari masa lampau dan mendatangkan segala macam keberuntungan.

vajra melambangkan samadi yang tidak tergoyahkan.

caution :
ini adalah kepercayaan dari budaya buddhisme , maka jangan pernah menelannya secara bulat-bulat dan mentah begitu saja. siapa yang melatih dia akan mendapatkan hasil, siapa yang menanam kebajikan dia akan memetik buah yang manis pula, meskipun tidak pada masa sekarang tapi juga mungkin yang akan datang . dengan mengetahui asal-usulnya kita dapat belajar banyak darinya.

semoga anda berbahagia.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar