Senin, 19 Juli 2010

amitabha


AMITABHA , Buddha yang bersinar terang
amithaba adalah seorang Buddha dari surga barat , beliau adalah seorang buddha dengan pancaran sinar yang keluar dari setiap lubang tubuhnya. umat buddha sering memanjatkan / melafalkan namanya ["amithofo"] adalah dengan harapan orang yang mendengarkan dapat merasakan sinar kebahagiaan dari amitabha buddha .
amitabha buddha tinggal disurga sukhavati [ 西方極樂世界 = dunia yang penuh kebahagiaan disebelah barat = west pureland] dan melatih diri ribuan kalpa yang lalu, dengan 48 tekadnya yang terkenal. beliau membabarkan dharma disukhavati bersama dengan dua bodhisatva utama yaitu avalokitesvara dan mahasthamaprapta bodhisatva.
mengenai mengenai kebiasantaan umat buddha mengucap nama amitabha buddha ["amitofo"] saat bertegur sapa adalah sebuah harapan bagi siapapun semoga selalu diberkahi oleh amitaba buddha selain itu juga semoga semua yang mendengar mempunyai jodoh dengan amitabha buddha agar dapat terlahir disukhavati. amitabha memancarkan warna buddha yang keemasan , dari seluruh tubuhnya keluar warna yang indah . disebut pula dengan "Buddha dengan pancaran sinar yang tanpa batas"[無量光佛]. selain itu buddha amitabha telah lama sekali berdiam disurga sukhavati untuk mengajarkan Dharma sehingga semua makhluk yang terlahir ditanah suci amitabha akan mampu dengan segera mencapai kebodhian maka disebut juga dengan "buddha yang berumur tanpa batas " [無量壽佛]karena sumpah [pranidana] beliau selalu ada didunia ini.
maka sesungguhnya sangat simpel sekali , hanya dengan kata amitofo kepada semua maka kita telah membangun jodoh dengan amitabha buddha dengan harapan semua makhluk mampu mencapai tanah suci sukhavati dan menjadi buddha.

2 komentar:

  1. Saya mau mencetak gambar ini sebagai poster amitabha Buddha dengan ukuran A3 atau A4 di alt karton 305 gram sebanyak kurang lebih 10.000 lembar.
    Poster itu akan disebarkan gratis kepada anak-anak agar mereka mengerti tentang amitabha Buddha, lalu bisa berdoa kepadaNya.
    Saya mau minta bantuan, bisakah saya membeli gambar tersebut dengan resolusi dan kualitas tinggi? Kalau tidak bisa, tolong beri tahu di mana saya bisa membeli gambar dengan kualitas tinggi tentang amitabha Buddha atau Buddha lainnya?

    Omitofo,
    Kenneth

    BalasHapus
  2. oh ..maaf cari digoogle saja biSA

    BalasHapus